Rajin Berenang Bisa Atasi Hipertensi



Rajin Berenang Bisa Atasi Hipertensi [ www.BlogApaAja.com ]

Renang adalah salah satu olahraga yangmenyenangkan, terutama bagi Anda yang hobi olahraga air. Selain seru dan membuattubuh bugar, berenang juga punya manfaat lain bagi kesehatan. Apa saja? Inibeberapa keuntungan dengan berenang secara rutin, dikutip dari Health Me Up.

1. Menurunkan Berat Badan



Renang bisa bantu menurunkan berat badan.Menurut pelatih fitnes Vrajesh Deshpande, olahraga air ini bisa memangkas lemakdi area perut dan paha, menghasilkan bentuk tubuh yang lebih indah.

"Kalau tubuhnya sudah bagus, renang bisamembantu menjaga agar Anda tidak kelebihan lemak," ujar Vrajesh.

2. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil



Orang dengan tekanan darah tinggi biasanyadianjurkan untuk menyelingi aktivitas olahraga dengan berenang. Hal itu untukmemastikan sirkulasi darah di dalam tubuh berjalan dengan baik, sehinggatekanan darah tetap terkontrol.

3. Mengatasi Masalah Punggung



Olahraga renang dianjurkan untuk orang-orangyang sering mengalami sakit kronis pada punggung dan pinggang mereka. Renangjuga bisa mempercepat pemulihan pasca operasi pada area punggung.

"Renang, khususnya gaya kupu-kupu bisamembantu menyembuhkan masalah pada tulang punggung. Terapi air kini merupakansalah satu metode dalam penyembuhan sakit punggung," terang Vrajesh.

4. Melatih Fleksibilitas



Berenang bisa membuat otot Anda lebihfleksibel, terutama oto paha, betis, lengan dan bahu. Saat berenang, Anda akanmenggunakan banyak otot. Jika dilatih secara rutin, otot-otot tubuh akanmenjadi kuat. Olahraga ini juga melibatkan banyak pergerakan stretching, samabagusnya ketika latihan stretching di gym.

5. Relaksasi



Sedang stres atau suntuk? Cobalah berenang,karena berada di bawah air akan menjernihkan pikiran dan menyingkirkan segalakepenatan atau kekhawatiran Anda. Pilihlah tempat berenang yang tidak terlaluramai, bawa iPod dan dengarkan musik-musik favorit di atas rakit karet.

: wolipop

Follow On Twitter